Mengingat
program pembelajaran Matematika dan IPA bilingual merupakan program rintisan
yang dimulai tahun ajaran 2009-2010 maka tidak menutup kemungkinan dalam
pelaksanaan muncul masalah/kendala/hambatan terkait dengan implementasinya.
Oleh karena itu monitoring dan evaluasi terhadap proses dan hasil pelaksanaan program
bilingual amat penting untuk dilaksanakan. Kegiatan monitoring dan evaluasi
yang dilaksanakan secara berkelanjutan akan diperoleh proses pengelolaan
sekolah sekaligus mengetahui ketercapaian mutu yang telah ditetapkan disamping
itu juga dapat digunakan untuk melakukan perbaikan jika diketahui terjadinya
penyimpangan program. Hal penting dari pemantauan hendaklah bersiat Supervisi
klinis untuk memberikan bimbingan/bantuan bahkan arahan secara langsung
terhadap pemecahan masalah/kendala/hambatan yang timbul atau dihadapi pada
tahap pelaksanaan program. Dengan supervisi klnis ini, target yang diinginkan
dalam pelaksanaan program dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai
dengan target yang telah ditetapkan. Hasil monitoring/pemantauan dan evaluasi
dapat digunakan sebagai bahan penyempurnaan bagi program ini di masa mendatang
Berkaitan dengan
supervisi klinis ini, perlu diperhatikan prinsip dalam menjalankan supervisi
klinis, yaitu :
1. Bimbingan
kepada pelaksana program bersifat bantuan dan bukan perintah atau instruksi
2. Hubungan
supervisor dangan pelaksana program bersifat kolegial dan interaktif
3. Supervisor memiliki sifat
demokratik, kedua belah pihak bebas mengemukakan pendapat, tetapi keduanya
berkewajiban mengkaji pendapat pihak lain untuk mencapai kesepakatan
4. Suasana berlangsung intim
dan terbuka
5. Masing-masing mengutamakan
tugas dan tanggung jawabnya
6. balikan diberikan segera dan
bersifat obyektif
7. Balikan bermanfaat bagi
peningkatan pelaksanaan program
Kriteria supervisor dalam menjalankan supervisi klinis :
1. Memahami konsep dan
penerapan supervisi
2. Memahami konsep dan
penerapan program blingual
3. Dapat membantu menemukan dan
memecahkan masalah pembelajaran MIPA bilingual
4. dapat memberikan arahan dan
bimbingan kepada yang disupervisi
Supervisor
1. Kepala sekolah
2. Tim peningkatan mutu sekolah
: 2 orang
Aspek yang perlu mendapat penekanan dalam supervisi
1. Guru MIPA mencakup
a. Latar belakang akademik
b. Kemampuan substansial bidang MIPA
c. Kemampuan berbahasa Inggris
d. Kemampuan mengajar IPA (sintak pembelajaran)
e. Kemampuan didalam menggunakan multimedia
f. Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa inggris
g. Tanggapan terhadap pembelajaran MIPA berbahasa Inggris
h. Kendala/masalah/hambatan yang dihadapi
2. Guru Bahasa Inggris
a. Kemampuan membimbing kolega untuk meningkatkan English for
Match and Science
b. Kemampuan untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa inggris
c. Tanggapan terhadap pembelajaran MIPA bilingual
d. Kendala/hambatan/masalah yang dihadapi
3. Siswa, mencakup :
a. Tingkat kesulitan materi yang diberikan guru
b. Interaksi dengan guru
c. Kemampuan berbahasa inggris
d. Kemampuan memahami penjelasan/instruksi/perintah guru
4. Kepala sekolah, meliputi :
a. Manajemen yang terkait dengan program
b. Dukungan yang diberikan sekolah
c. Upaya meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam berbahasa
inggris
d. Tanggapan terhadap pembelajaran MIPA bilingual
e. Kendala/hambatan/msalah yang dihadapi
5. Komite sekolah
a. Dukungan dan peran serta yang diberikan
b. Tanggapan terhadap pembelajaran MIPA
bilingualSEBELUMNYA BERIKUTNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon Komentar, Kritik dan Saran! Terima Kasih!