I. Proses belajar mengajar untuk mata pelajaran
inti : Matematika, Sains (Fisika dan Biologi, kimia), bahasa Inggris dan TIK
1. Kurikulum
a. Kurikulum yang berlaku
adaptif kurikulum internasional
b. Mengintegrasi life skill
c. Mengakomodasikan perkembangan
ilmu teknologi sesuai dengan kebutuhan siswa untuk hidup dalam masyarakat
d. Mengintegrasikan mata
pelajaran umum dengan mata pelajaran bahasa Inggris (language acrosst the
curriculum)
e. Disusun dan dievaluasi berdasarkan
hasil kerja
2. Metodologi
a. Mewujudkan life skill siswa
dengan memberdayakan multiple intelegensi siswa melalui proses pembelajaran
secara kontekstual
b. Menjaga iklim yang kondusif untuk proses
belajar mengajar
c. Mengalokasikan waktu yang cukup untuk
proses belajar mengajar
d. Menggunakan strategi mengajar,
remidiasi, pengayaan dan kegiatan belajar mengajar yang bervariasi untuk
mengakomodasi gaya belajar yang berbeda-beda
e. Berbasis ICT
3. Media
Bervariasi
sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dan metodologi yang diterapkan
dengan memanfaatkan alam/lingkungan, sumber belajar di sekolah dan media
elektronika
4. Bahan Ajar
a. Bervariasi (cetak dan digital)
sesuai kompetensi yang ingin dicapai sebagaimana yang dipakai sekolah
berstandar internasional
b. Setiap siswa memiliki texbook untuk
masing-masing pelajaran
5. Assesment
Bervariasi
sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai (performent test, portofolio,
autentice assesment, dsb) dan hasil evaluasi digunakan sebagai bahan refleksi
untuk perbaikan proses belajar mengajar.
6. Jumlah Siswa Perkelas
20 – 25 siswa
7. Model Pembelajaran
CTL (Contextual Learning), out door,
cooperative learning, dsb.
II. Guru
1. Tingkat Pendidikan
Minimal S1
2.
Bidang
Pendidikan
Sesuai dengan mata pelajaran yang
diajarkan
3.
Memiliki
kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya
a. Memahami pendidikan sebagai
profesi dan melaksanakan kerangka legal, formal
b. Menguasai materi yang diajarkan, memahami konsep dasar, metodologi,
penemuan, dan struktur materi
c. Terlibat berbagai kegiatan
perencanaan, mampu mengaktualisasikan kurikulum ke dalam pembelajaran
d. Mampu mengumpulkan dan
menginformasikan kebutuhan dan perkembangan belajar siswa. Memahami bagaimana
pertumbuhan individu, mengembangkan, mempelajari dan menyediakan kesempatan
belajar yang mendukung perkembangan intelektual, sosial dan kepribadian siswa.
Memahami bagaimana siswa berbeda satu dan lainnya dalam belajar dan menciptakan
kesempatan pengajaran yang diadaptasi terhadap pembelajaran yang berbeda.
e. Mampu menciptakan pengalaman
belajar yang membuat bahan ajar menjadi lebih bermakna
f. Mengetahui dan
mengimplementasikan berbagai metodologi belajar mengajar, memahami dan
menggunakan strategi mengajar yang bervariasi untuk mendorong pengembangan
kemampuan siswa berfikir kritis, memecahkan masalah dan menjadikan mereka siswa
mandiri
g. Mampu menciptakan dan
memelihara berbagai lingkungan yang kondusif untuk siswa belajar
h. Mengetahui dan
mengimplementasikan berbagai teknik evaluasi pembelajaran
i. Mampu berperan dalam membangun
dan mengembangkan kemitraan antar sekolah, keluarga dan masyarakat dalam
lingkungan sekolah. Memahami peran serta masyarakat dalam pendidikan,
mengembangkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan mitra, orangtua, dan
masyarakat untuk mendukung pembelajaran dan kesejahteraan
j. Mempunyai apresiasi pada seni dan budaya
4. Kemampuan bahasa Inggris
Mampu berkomunikasi dengan
bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan dan berinteraksi dalam
kelas (TOEFEL > 500)
5.
Penguasaan dalam bidang komputer
a. Mampu mengajar dan menggunakan media
elektronik sebagai alat bantu mengajar
b. Mampu membuat materi pengajaran dalam
format media elektronik
c. Mampu mendownload materi pelajaran dari
internet
d. Mempunyai koleksi materi pelajaran dalam
format media elektronik
e. Mampu mengupload materi pelajaran ke
internet dan atau intranet
6. Pengalaman Mengajar
Minimal 5 tahun
7.
Pengalaman
Profesi
Guru adalah
pembelajar sepanjang masa. Ia adalah seorang praktisi refleksi yang secara
berkesinambungan mengevaluasi bagaimana memilih dan bertindak untuk
mempengaruhi siswa dan orangtua. Profesional di dalam masyarakat pembelajaran
dan aktif mencari kesempatan untuk berkembang secara profesional.
III. Kepala Sekolah
1. Tingkat Pendidikan
Minimal
S1
a. Kerangka legal, moral dan etika bekerja
Memahami
pendidikan sebagai profesi dan melaksanakan kerangka legal, moral dan etika bekerja yang berkaitan dengan
profesi
b. Menyusun Visi, Misi dan Tujuan
i. Mampu merencanakan,
melaksanakan dan mengendalikan penerapan kurikulum, PBM, evaluasi dan kegiatan
sekolah lainnya agar sesuai visi, misi dan tujuan sekolah melalui keterlibatan
warga sekolah
ii. Mengalokasikan dan menjamin
secara efisien dan efektif sumber daya manusia, intruksional untuk mendukung
PBM
iii. Menjamin pengembangan secara terus menerus dan profesional,
pengembangan karier, kesejahteraan dan perlindungan hukum bagi guru dan pegawai
iv. Mengadopsi kebijakan dan
prosedur yang mampu mengefektifkan kinerja
v.
Mampu
membangun dan mengembangkan kemitraan antar sekolah, keluarga, masyarakat dan
lingkungan sekolah. Memahami peran serta masyarakat dalam pendidikan,
mengembangkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan mitra, orangtua, dan
masyarakat untuk mendukung pembelajaran dan kesejahteraan
vi. Mampu menciptakan dan
memelihara lingkungan kerja yang kondusif bagi guru, staf dan siswa dalam
belajar
vii. Mampu memformulasikan dan menjamin pelaksanaan pemberian bea siswa
bagi siswa yang tidak mampu secara ekonomi tetapi mempunyai kualifikasi
akademik yang memadai
2. Kemampuan Bahasa Inggris
Mampu berbahasa Inggris
secara efektif dan efisien baik secara lisan maupun tulisan dalam kegiatan
ilmiah seperti seminar dan sebagainya (TOEFEL > 500)
3. Penguasaan dalam bidang komputer
a. Berperan aktif dalam
komunikasi antar kepala sekolah di dalam negeri melalui forum
b. Berperan aktif dalam komunikasi
dengan kepala sekolah di luar negeri melalui forum
c. Memberdayakan dan
mendayagunakan berbagai informasi sekolah untuk mengambil keputusan
4. Pengalaman Mengajar
Minimal 5 tahun
5. Pengembangan Profesi
Kepala
sekolah adalah pembelajar sepanjang masa. Ia adalah seorang praktisi refleksi
yang secara berkesinambungan merencanakan dan melaksanakan, mengendalikan dan
mengevaluasi program sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
bagi semua warga sekolah melalui proses kemitraan internal maupun eksternal
IV. Kepala TU (Tata Usaha)
1. Tingkat Pendidikan
2. Bidang Pendidikan
Sesuai dengan bidang yang ditangani
3. Memiliki kompetensi untuk melaksanakan
tugas dan fungsinya
a. Bersama dengan kepala sekolah mampu merencanakan, melaksanakan,
mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan administrasi akademik, kepegawaian,
kesekretariatan, sarana dan prasarana keuangan
b. Mampu mengkoordinasikan semua
staf TU untuk melakukan kerja secara profesional
c. Mampu menciptakan dan
memelihara lingkungan kerja yang kondusif bagi staf administrasi
4. Kemampuan Bahasa Inggris
Mampu berbahasa Inggris
secara efektif dan efisien secara lisan maupun tertulis (TOEFEL > 400)
5. Penguasaan dalam bidang komputer
a. Menginstal berbagai perangkat lunak yang berkaitan dengan aplikasi
administrasi dan keuangan
b.
Mampu menggunakan dan mengoperasikan WordProsesor dan Exel
c. Mampu mengopersikan dan menggunakan
internet
d. Otomasi perkantoran
6. Pengalaman Kerja Sebagai Tenaga
Administrasi
Minimal 5 tahun
7.
Pengembangan
Profesi
Tugas sebagai
tenaga administrasi adalah pembelajar sepanjang masa, Ia adalah seorang
praktisi refleksi yang ikut serta secara aktif dalam perencanaan, melaksanakan
dan mengendalikan serta mengevaluasi program sekolah untuk menunjang
keberhasilan sekolah.
V. Tenaga Administrasi (Keuangan dan
Akuntansi)
1. Tingkat pendidikan minimal D3
2. Bidang pendidikan
Akuntansi
3. Memiliki kompetensi untuk melaksanakan
tugas dan fungsinya
a.
Memahami dan mampu mengoperasikan sistem akuntansi
b. Mampu melakukan data entry dan menghasilkan
laporan keuangan dan akuntansi yang manual maupun berbasis komputer
4. Kemampuan Bahasa Inggris
Mampu berbahasa Inggris
secara efektif dan efisien secara lisan maupun tertulis (TOEFEL > 400)
5. Penguasaan dalam bidang komputer
a. Menginstal berbagai perangkat lunak yang berkaitan dengan aplikasi
administrasi dan keuangan
b.
Mampu menggunakan dan mengoperasikan WordProsesor dan Exel
c. Mampu mengopersikan dan menggunakan
internet
6. Pengalaman Kerja Sebagai Tenaga
Administrasi
Minimal 5 tahun
7.
Pengembangan
Profesi
Tugas sebagai
tenaga administrasi keuangan adalah pembelajar sepanjang masa, Ia adalah
seorang praktisi refleksi yang ikut serta secara aktif dalam perencanaan,
melaksanakan dan mengendalikan serta mengevaluasi program keuangan dan
akuntansi untuk menunjang keberhasilan belajar siswa.
VI. Organisasi, Manajemen dan Administrasi
1. Organisasi dan kelembagaan
a. Sekolah memiliki struktur
organisasi yang dinamis, efektif dan efisien sesuai dengan visi, misi dan
tujuan sekolah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran siswa
b. Struktur organisasi harus
mendukung kerjasama antar lembaga sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
dalam mendukung keberhasilan pembelajaran siswa
2. Administrasi dan Manajemen Sekolah
a. Memiliki rumusan kebijakan
dan penjamin proses perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian berbagai aspek
manajemen dan administrasi sekolah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran
siswa
b. Memiliki sistem perencanaan,
pelaksanaan dan pengendalian berbagai aspek manajemen dan administrasi sekolah
dalam mendukung keberhasilan pembelajaran siswa yang berbasis komputer
c. Sekolah selalu menstimulate
siswa, guru dan staf lainnya untuk selalu belajar dengan menggunakan berbagai
sumber belajar internal maupun eksternal
d. Sekolah selalu merumuskan dan menjamin program pengembangan
profesionalisme guru dan staf sekolah dalam mendukung usaha peningkatan mutu
siswa
e. Sekolah menyediakan dana cukup
dari berbagai sumber pendanaan untuk pengembangan profesionalisme guru dan staf
sekolah dalam mendukung usaha peningkatan mutu siswa
3. Keuangan dan Akuntansi
a. Memiliki sistem anggaran yang
mencakup rencana dan pengendalian anggaran yang diintegrasikan dengan sistem
perencanaan dan akuntansi
b. Memiliki dan menggunakan sistem pembukuan
berpasangan
c. Memiliki dan menggunakan sistem
pembukuan berpasangan tertulis yang terkomputerisasi
d. Memiliki
sistem pelaporan untuk semua stakeholders
4. Pengembangan Mutu Karier Guru dan Tenaga
Kependidikan Lainnya
a. Memiliki rumusan sistem dan telaah melaksanakan rencana rinci
pengembangan mutu karier guru dan tenaga kependidikan lainnya
b. Memiliki rumusan sistem dan
telaah melaksanakan kebijakan, juklak dan juknis pengembangan mutu karier guru
dan tenaga kependidikan lainnya
5. Teknologi Informasi dan Komunikasi
a. Memiliki rumusan sistem dan telaah melaksanakan sistem informasi
manajemen yang terintegrasi dan komputerisasi dan minimal telah mempunyai
pangkalan data (data base) sebagai berikut :
i. Profil Sekolah termasuk data eksternal
yang berkaitan dengan sekolah
ii. Kesiswaan (student service)
iii. Kepegawaian
iv. Kelogistikan (Sarpras)
v. Perpustakaan
b. Memiliki website sekolah
c. Memiliki jaringan sistem lokal (intranet),
internet dan ekstranet
d. Mengembangkan dan menjamin
pelaksanaan entry data dan update semua jenis informasi
6. Unit Pelayanan bagi Siswa
Tersedia unit pelayanan akademis (kurikuler dan ekstrakurikuler),
konseling, bea siswa, kesehatan dan pengembangan karir siswa
VII. Sarana dan Prasarana Pendidikan
Semua sarana
dan prasarana menjamin keselamatan bagi pengguna :
1. Ruang Kelas
a. Luas : ≥ 63 m2
b. Ratio jumlah siswa : 1 : 34
c. Fasilitas ICT
Semua kelas atau minimal
satu kelas untuk tiap-tiap tingkat memiliki satu set perangkat ICT (1 set
PC/lap top, 1 set spiker aktif, 1 LCD, 1 screen projector)
2.
Perpustakaan
3.
Laboratorium
IPA dan Bahasa
4.
Laboratorium
komputer
5.
Kantin
6.
Auditorium
7.
Sport
Activties
8.
Pusat
belajar dan riset guru
9.
Penunjang
administrasi sekolah
10.
Unit
kesehatan
11.
Toilet
sipp
BalasHapus