Senin, 24 September 2012

PROGRAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN SMP NEGERI 1 NGIMBANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Pendidikan merupakan sarana untuk mewujudkan sumber daya manusia yang tangguh untuk menghadapi era globalisasi. Hal itu dibuktikan oleh usaha pemerintah untuk memajukan pendidikan baik itu pendidikan formal maupun nonformal.
Sesuai tujuan Pendidikan Nasional seperti yang tercantum dalam undang-undang sistem pendidikan nasional Nomor 20 tahun 2002 bahwa untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, berkepribadian, berdisiplin, kerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil, serta sehat jasmani dan rohani.
Mengacu pada tujuan tersebut, dilakukan berbagai usaha untuk peningkatan mutu tenaga pendidik atau peningkatan sumber daya pengelola pendidikan. Kongkritnya adalah usaha peningkatan profesional guru untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
Perubahan pola pikir bagi guru dalam pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran harus diarahkan sesuai dengan paradigma pendidikan kekinian. Guru dituntut memahami secara utuh proses pembelajaran mulai dari perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi sesuai dengan KTSP. Tuntutan ini merupakan implikasi dan implementasi dari perubahan reorientasi pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran.
Adalah upaya yang sangat mendasar apabila perubahan pola pikir itu diwadahi oleh suatu organisasi yang legal formal diantaranya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Tentunya melalui forum MGMP baik di tingkat sekolah, Komisariat dan kabupaten akan sangat membantu dan sebagai jembatan emas untuk mengantarkan para guru menjadi guru ideal sesuai dengan tuntutn jaman.
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sekolah dan sistem pembinaan profesional tenaga kependidikan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngimbang perlu peran aktif dan dukungan dari seluruh stik holder pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan :
1.      Pembinaan dan monitoring dari dinas pendidikan melalui para pengawas mata pelajaran dan pembina dalam setiap kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang ada dilingkungan sekolah.
2.      Kepala sekolah mendukung sepenuhnya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan memberikan izin dan mengeluarkan segala kebutuhan untuk kegiatan MGMP di tingkat sekolah
3.      Seluruh guru mata pelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Ngimbang baik PNS maupun non PNS aktif mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Komite sekolahpun menyadari bahwa kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sangat penting bagi seluruh mata pelajaran hal ini dibuktikan dengan adanya alokasi dana dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) untuk meningkatkan profesional guru.


BERKAS LENGKAP DAPAT DIUNDUH DI SINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon Komentar, Kritik dan Saran! Terima Kasih!